Kunjungan Industri: Meneropong Ilmu Kimia di Bidang Industri Kreatif

Salah satu rangkaian acara dalam kegiatan MAKRAB mahasiswa baru adalah kunjungan industri. Kunjungan Industri merupakan program kerja tahunan KMPK untuk tambahan edukasi lapangan mahasiswa baru. Kunjungan yang telah dilaksanakan pada tanggal 19 Agustus 2017 mengambil tempat di CV. Fruitanol Energy yang dipimpin oleh Prof. Dr. Karna Wijaya di Sandonoharjo, Ngaglik, Sleman Yogyakarta.

Lokasi ini dipilih karena beberapa pertimbangan straegis, waktu yang realtif singkat dan alasan satu jalur dengan kegiatan MAKRAB berikutnya. “Mengingat acara ini tidak berdiri sendiri dan sejalur dengan agenda kegiatan selanjutnya, jadinya kami usulkan CV. Fruitanol Energy sebagai lokasi kunjungan” kata Syaifudin Koordinator Bidang RISTEK KMPK selaku penanggung jawab kegiatan ini.

Perjalanan menuju lokasi memakan waktu sekitar 45 menit dari kampus. Di tempat ini disajikan presentasi mengenai profil usaha, program-program kerja dan pengenalan beberapa alat-alat produksi. Berdasarkan informasi yang kami dapatkan CV. Fruitanol Energy merupakan komunitas socialenterpreneur yang bergerak dalam bidang pengabdian masyarakat melalui teknologi yang berdiri sejak tahun 2009. Bidang usaha yang dijalankan di bidang bioenergi, lingkungan, dan pariwisata dalam bentuk riset, produksi dan pelatihan. Tim Fruitanol Energy telah mendapatkan berbagai penghargaan diantaranya AWARD “The Most Promissing Community Enterpreneur” 2010 dari AGF-British Council yang berpusat di Inggris, kemudian Indonesia-Bayer Young Environmental Envoy 2012, oleh United Nation forEnvironmental Protection (UNEP) dan BAYER yang berpusat di Leverkusen Jerman.

Moh Syaifudin selaku Ketua Divisi Riset dan Teknologi memberikan kenang-kenangan kepada Prof. Karna Wijaya

Melalui konsep kegiatan yang dilakasanakan ini, diharapkan mahasiswa/i memperoleh pengetahuan lebih banyak lagi mengenai bagaimana sebenarnya dunia usaha atau dunia industri itu dijalankan. Selain itu kegiatan kunjungan industri juga sebagai dijadikan sebagai mini simulasi dunia bisnis nyata agar ke depannya mahasiswa mampu terbiasa ketika benar benar terjun ke dunia bisnis.

Artikel ini pertama kali tayang di website KMPK FMIPA UGM

Moh Syaifudin

Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Kimia UGM

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.