Keep Writing and Fighting

Satu lagi program kerja KMPK (Keluarga Mahasiswa Pascasarjana Kimia) yang mengundang banyak perhatian masyarakat Yogyakarta. Tidak hanya di kalangan mahasiswa para akademisi lain pun seperti dosen dan peneliti berlomba-lomba datang ke UGM untuk menghadiri acara besar dan sangat bermanfaat tentunya yaitu Workshop Penulisan Jurnal Internasional. Sesuai dengan tema yang diangkat, para peserta diberikan materi tentang bagaimana cara menulis jurnal dengan baik dan benar. Selain itu, di sesi terakhir peserta diberikan latihan untuk menulis abstrak dari jurnal yang sudah ada. Melalui tema How to Write International Journal and Avoid Mistakes, para peserta menjadi tahu cara menulis, cara mempertahankan semangat menulis, serta menghindari kesalahan-kesalahan yang sering muncul saat menulis jurnal internasional.

Serangkaian acara ini meliputi sambutan-sambutan, mulai dari ketua panitia, ketua prodi S2 kimia, serta kepala departemen yang sekaligus membuka acara. Acara dimulai setelah terdengar bunyi gong, yang merupakan tanda acara telah dibuka, yaitu oleh Dr. Agus Kuncaka selaku kepala departemen kimia. Selain itu, sebelumnya juga ada pembacaan ayat suci Al-Quran. Peserta dengan hikmat mendengarkan lantunan ayat suci Al-Quran yang dibacakan oleh salah satu panitia, yaitu saudara Nahzim Rahmat. Sebelum pemateri dipersilahkan, acara workshop ini juga menampilkan tarian tradisional khas Banten, yaitu tari selamat datang.

Pemateri yang mengisi acara pada hari itu pun tidak kalah hebat dengan topik workshop kali ini. Pemateri pertama adalah Prof. Dr. Abdul Rohman, M.Si., Apt. Beliau adalah peneliti muda terbaik se-Asia Pasifik ProSPER.Net Young Scopus Scientist Award (2014). Beliau juga menerima Anugerah Kekayaan Intelektual Luar Biasa (Publikasi) dari Kemenristek Dikti pada 2015. Dosen farmasi di UGM ini menyampaikan motivasi tentang menulis dan mempublikasikan jurnal hingga taraf internasional. Antusiasme peserta terlihat sangat senang ketika Pak Rohman (panggilan akrab beliau) seringkali menyelipkan humor di sela-sela penyampaian materi.

Pemateri kedua,  Prof. Dr. rer. nat. Nuryono, MS, yang merupakan dosen kimia di UGM dan sebagai editor di IJC (International Journal of Cheistry). Beliau menyampaikan tentang Tips & Trick agar Jurnal dapat Submited and Accepted pada Suatu Lembaga Jurnal Internasional. Beliau menjelaskan apa yang harus dilakukan dan apa yang harus dihindari pada saat menulis jurnal smpai dengan mempublikasi jurnal tersebut. Dalam penyampaiannya, beliau menjelaskan kriteria-kriteria suatu jurnal yang layak untuk dipublikasi.

Sebelum memasuki materi terakhir, ada penampilan akustik yang sangat menghibur dan dilanjutkan Ishoma sampai pukul 13.00 WIB. Materi selanjutnya disampaikan oleh Prof. Mudasir, M.Eng., Ph.D, dosen kimia UGM, dosen berprestasi 3 Nasional (Dirjen Dikti 2008), dan editor di IJC (International Journal of Cheistry). Topik terakhir yang disampaikan pada workshop ini adalah tentang Teknik Penulisan Jurnal Internasional. Prof. Mudasir juga menjelaskan tentang teknik meringkas karya ilmiah menjadi suatu jurnal siap publikasi taraf internasional, serta koreksi penulisan jurnal yang cenderung salah tetapi sering terjadi. Di akhir penyampaian materi, beliau memberikan simulasi penulisan abstrak dari suatu jurnal yang sudah terpublikasi. Pelatihan semacam ini memberikan ilmu baru bagi seluruh peserta termasuk di dalamnya cara menulis abstrak yang baik dan benar.

Ketua Panitia (Moh Syaifudin, S.Si.) berfoto dengan penerima doorprize.

Acara ditutup dengan pembagian door prize dari panitia, ada yang berupa buku, cangkir, tas, dan juga voucher karaoke. Acara ini bekerja sama dengan banyak pihak yaitu ELTI, UGM PRESS, Happy Puppy, Mie Ayam Mas Bro dan Gading Mas. Seru bukan? Semoga acara bermanfaat ini dapat menjadi program kerja tahunan KMPK yang tentunya dengan topik-topik terbaru.

….

Berita ini pertama tayang pada tanggal 23 November 2017 di website kmpk.fmipa.ugm.ac.id

 

Moh Syaifudin

Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Kimia UGM

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.